Friday, December 25, 2009

Tips Lulus Ujian Nasional dan UASBN 100 %

Lulus dengan nilai memuaskan itu adalah harapan semua siswa. Bagi seorang siswa yang akan menghadapi Ujian, rasanya sengguh bukan suatu hal yang mudah. Apalagi bagi siswa yang mempunyai kemampuan di bawah rata-rata, suatu mukjizat rasanya bila bisa lulus dengan nilai yang bagus. Bisa lulus saja merupakan sesuatu yang LUAR BIASA!!!

Namun bukan berarti "tembok lulus UN & UASBN" tidak bisa ditembus. Tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini. Sebuah batu yang kuat pun bisa dilubangi oleh air yang strukturnya lembek. Sesuai dengan pengalaman penulis yang notabene mempunyai kemampuan rata-rata, ternyata lulus UN dan UASBN itu merupakan hal yang mudah. Semuanya telah disediakan oleh pemerintah. Tentu saja ada resep jurus maut lulus UN dan UASBN 100%.
Pengen tahu resepnya??? Silahkan baca tulisan berikut ini.

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh kalau pengen 100% lulus UN dan UASBN, yaitu :

Cari kisi-kisi

Soal ujian yang akan muncul pada ujian tahun ini sudah dibuat kisi-kisinya oleh pemerintah. Jadi, kita tinggal melihat materi yang akan muncul pada ujian tahun ini melalui kisi-kisi. Dengan demikian, kita bisa mempersiapkan ujian secara fokus pada materi yang pasti akan keluar pada ujian. di dalam kisi-kisi sudah sangat jelas soal-soal yang seperti apa atau tentang apa yang akan dimunculkan sampai pada jumlah butir soal yang akan muncul.

Untuk mendapatkan kisi-kisi ini bukanlah hal yang sulit, karena sudah disosialisasikan oleh pemerintah melalui situs BNSP, silahkan search aja di google atau buka situsnya BNSP. Kalau pengen tidak susah ya silahkan download aja kisi-kisi dibawah tulisan ini.


Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) / UASBN SD 2010 download
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP 2010 download
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMA 2010 download
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMK 2010 download
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Paket A, B, C 2010 download
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Paket C 2010 download

Buat soal masing-masing indikator minimal 5 buah soal

Di dalam kisi-kisi sudah ada indikator yang akan muncul di dalam ujian. berdasarkan indikator tersebut silahkan buatlah soal-soal dengan standar ujian nasional sesuai dengan indikator. Kalau misal kesulitan buat, dan sebagian besar orang mengeluh untuk buat, maka cari saja pada buku-buku soal ujian yang dijual di toko buku untuk anda pilih/seleksi. Atau kalua masih kesulitan minta bantuan saja sama Bapak/Ibu guru untuk membautkan soal sesuai dengan indikator.

Latihan mengerjakan

Soal-soal yang telah dibuat dan dikumpulkan tadi selanjutnya digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian. Apa bila ada materi yeng belum paham dalam indikator, terus dipahami dan fokus pada materi tersebut. Cuekin saja materi yang tidak terdapat dalam indikator karena tidak akan keluar dalam ujian nanti.

Berdoalah dan minta restu bapak/ibu

Manusia hanya dapat berusaha, percayalah ada yang jauh lebih menentukan yaitu ALLoh SWT. Dengan kelengkapan usaha dan doa niscaya kita bisa tersenyum ketika menghadapi soal Ujian Nasional dan UASBN.

Belajar, do’a, analisis kisi-kisi ujian nasional, dan latihan! Itu adalah kunci sukses lulus Ujian Nasional dengan memuaskan. Jikalau masih ada kesulitan, kami team :
http://bukusoal.blogspot.com/ siap membantu anda. Good luck!



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories