Sunday, May 6, 2012

Supermoon itu apa seh?

Supermoon merupakan fenomena alam yang berupa bulan terlihat lebih besar (sekitar 7 persen) dari biasanya. Hal ini terjadi karena bulan berada pada posisi (jarak) yang paling dekat dengan bumi.
Menurut ilmu astronomi, bulan mengelilingi bumi dengan orbit yang elips, sehingga ada dua posisi bulan terhadap bumi yaitu :
  1. Bulan berada pada titik terjauh dengan bumi (apogee).
  2. Bulan berada pada titik terdekat dengan bumi (perigee).  
Pada posisi perigee inilah fenomena supermoon terjadi karena bulan akan terlihat lebih besar akibat jaraknya yang dekat dengan bumi.

Peristiwa bulan berada pada posisi terdekat dengan Bumi terjadi setiap bulan dengan periode 27,3 hari. Adapun peristiwa bulan purnama juga kejadian bulanan dengan periode sekitar 29,5 hari. Karena perbedaan periode ini, maka perigee tidak selalu bersamaan dengan bulan purnama. Peristiwa perigee yang bersamaan dengan fase bulan purnama akan berulang setiap 18 tahun, yaitu kelipatan 241 x 27,3 hari yang sama dengan 223 x 29,5 hari.

Jarak bulan terdekat dengan bumi bisa mencapai 356,577 kilometer dari Bumi. Jarak ini 30.000 kilometer lebih dekat dengan jarak rata-rata Bumi-Bulan yang berkisar 382.900 km. Bulan pada posisi paling dekat dengan Bumi akan berdampak pada makin menguatnya efek pasang surut air laut di bumi. Air laut akan mengalami pasang tertinggi karena gaya gravitasi bulan akan semakin kuat bila semakin dekat dengan bumi.



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories