Tuesday, October 13, 2009

Listrik Statis

Apakah Listrik itu?

Pada zaman modern ini, setiap aktivitas manusia tidak bisa lepas dari listrik. Kita dapat menonton TV, menyalakan komputer, mendengarkan radio, bermain game/playstation dan belajar di malam hari karena listrik. Bayangkanlah bila satu hari saja aliran listrik terputus/mati, tentu hampir semua aktivitas manusia akan berhenti. Mesin-mesin pabrik akan berhenti bekerja, tidak ada bunyi televisi dan radio, tidak ada penerangan di malam hari, dan hampir semua aktivitas manusia yang menggunakan listrik akan berhenti. Listrik telah menjadi kebutuhan utama kehidupan manusia modern. Mungkin setiap hari kita sudah sering mendengar kata “listrik”. Namun, tidak semua orang tahu apa itu listrik? Mengapa listrik bisa mengerakkan kipas angin? Lakukanlah “Berani Mencoba” berikut ini!

Berani Mencoba!
Menarik Balon Tanpa Menyentuh

Alat dan Bahan
  • Balon Karet
  • Plastik Pembungkus Parcel Buah
Cara Kerja
  • Tiuplah balon hingga mengembang lalu ikat ujungnya agar tidak bocor.
  • Letakkan balon yang sudah ditiup di atas meja.
  • Dekatkan plastik pembungkus parcel dengan balon (jangan sampai menyentuh).
  • Amatilah apa yang terjadi!
  • Gosokkan plastik pembungkus parcel pada celana kamu beberapa kali.
  • Dekatkan plastik yang telah digosok dengan balon (jangan sampai menyentuh).
  • Amatilah apa yang terjadi!
Hasil Pengamatan dan Analisis
  • Apakah balon tertarik oleh plastik pembungkus parcel yang belum digosok?
  • Apakah balon tertarik oleh plastik pembungkus parcel yang telah digosokkan pada celana?
  • Apa yang menyebabkan balon tertarik oleh plastik yang telah digosok?
Listrik StatisSeperti yang telah dipelajari pada teori atom, setiap benda sebenarnya tersusun dari bagian-bagian yang sangat kecil yang disebut atom. Atom terdiri dari 3 partikel yaitu neutron yang tidak bermuatan (netral), proton (bermuatan positif), dan elektron (bermuatan negatif). Apabila jumlah proton dan elektron suatu atom sama, maka atom tersebut dikatakan netral. Atom akan bermuatan positif jika jumlah protonnya lebih banyak dari jumlah elektronnya (kekurangan elektron). Atom akan bermuatan negatif jika jumlah elektronnya lebih banyak dari pada jumlah proton (kelebihan elektron). Atom yang bermuatan sejenis akan saling tolak menolak bila didekatkan. Sedangkan atom yang bermuatan lain jenis akan tarik menarik.

Pada kegiatan Berani Mencoba tentang Menarik Balon Tanpa Menyentuh menunjukkan bahwa setelah plastik digosokkan pada kain celana maka plastik dapat menarik balon yang ditiup di atas meja. Sedangkan sebelum plastik digosokkan pada kain celana, plastik tidak dapat menarik balon. Penjelasan dari kejadian ini adalah mula-mula plastik dan kain bermuatan netral. Setelah plastik digosokkan pada kain celana maka elektron yang terdapat pada kain celana berpindah ke plastik. Plastik yang semula bermuatan netral menjadi bermuatan negatif karena ketambahan elektron dari kain celana. Sedangkan kain celana bermuatan positif karena kehilangan elektron.

a. Plastik sebelum digosok (jumlah proton= elektron) b. Plastik setelah digosok (Jumlah proton lebih dari elektron) c. Balon bermuatan positif (Jumlah proton > elektron)

Elektron berpindah dari kain menuju plastik
a. Benda yang berlawanan muatan akan tarik menarik b. Benda yang bermuatan sejenis akan tolak menolak

Ingat! Apabila ada dua buah atom yang berlawanan muatan maka akan tarik menarik. Ketika plastik yang telah digosokkan pada kain celana didekatkan pada balon, ternyata balon tertarik oleh plastik. Hal ini menunjukkan bahwa balon yang telah di tiup bermuatan positif sedangkan plastik bermuatan negatif. Benda-benda yang bermuatan negatif seperti plastik yang telah digosokkan pada celana dapat dikatakan bahwa benda tersebut mempunyai muatan listrik. Kumpulan muatan listrik (elektron) yang terdapat pada suatu benda disebut Listrik Statis. Statis artinya diam atau tidak bergerak. Jadi, listrik statis merupakan kumpulan elektron yang diam/tidak bergerak pada suatu benda.

Artikel Listrik Statis versi pdf download



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories