Saturday, April 14, 2012

Soal Olimpiade Biologi Nasional SMA 2010

Berikut ini soal yang digunakan dalam Olimpiade Biologi Nasional untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2012. Soal-soal berikut bisa digunakan untuk latihan dalam menghadapi Olimpiade Biologi Nasional dan lomba lainnya. Semoga bermanfaat! Berikut ini adalah contoh soalnya.

Soal 1 :
Protein cdc2 terlibat dalam pengaturan jalannya siklus sel pada ragi. Setelah sel menjalani fase S, cdc2 akan berikatan dengan siklin, namun tetap bersifat inaktif karena mengalami fosforilasi pada residu tirosin oleh protein wee1 dan CAK. Enzim cdc25 akan memutus gugus fosfat tersebut sehingga cdc2 menjadi aktif dan sel dapat melakukan mitosis. Apa yang terjadi pada siklus sel ragi yang mengalami mutasi gen cdc25?

Soal 2 :
Telah diketahui bahwa mitokondria merupakan salah satu organel di dalam sel yang memiliki keistimewaan dibandingkan dengan organel lain. Hal ini disebabkan karena mitokondria memiliki DNA dan ribosom sendiri sehingga dapat melakukan sintesis protein di dalam organel itu sendiri. Namun, secara umum mitokondria masih membutuhkan banyak protein yang disintesis di sitosol (ribosom terikat membran atau ribosom bebas) sehingga perlu dilakukan proses pengangkutan molekul protein masuk atau keluar dari membran mitokondria. Proses transport protein ini melibatkan protein transport TIM complex yang berada di membran mitokondria bagian dalam dan TOM complex yang berada di membran mitokondria bagian luar. Menurut anda, bagaimana perkiraan ukuran diameter pori-pori TOM complex dibandingkan TIM complex?

Soal 3 :
Jika sel sperma dari tumbuhan Pinus merkusii mengandung 10 kromosom, maka embrio Pinus akan memiliki kromosom sebanyak ....

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda!

Soal Olimpiade Biologi Nasional SMA 2010 download
Jawaban Soal Olimpiade Biologi Nasional SMA 2010 download



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories