Saturday, April 14, 2012

Soal Olimpiade Biologi Nasional SMA 2011

Berikut ini soal yang digunakan dalam Olimpiade Biologi Nasional untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2012. Soal-soal berikut bisa digunakan untuk latihan dalam menghadapi Olimpiade Biologi Nasional dan lomba lainnya. Semoga bermanfaat! Dibawah ini merupakan contoh soalnya.

Soal 1 : 
Sel kelenjar yang mampu memproduksi hormon insulin dalam jumlah besar umumnya memiliki organel (.....) yang berkembang dengan baik.

Soal 2 :
Menurut anda, apakah yang akan terjadi apabila lisosom pada sel pecah dan mengeluarkan isinya ke dalam sitoplasma?

Soal 3 :
Ketika sel-sel epitel silindris pada saluran pencernaan diberikan suatu senyawa kimia X, bentuknya berubah menjadi bulat melingkar. Struktur internal sel yang terganggu oleh senyawa kimia X tersebut adalah ....

Soal 4 :
Drosophila melanogaster memiliki empat pasang kromosom. Jika sperma dari spesies ini terbentuk melalui proses meiosis tanpa mengalami crossing over, berapa banyak kombinasi genetik pada sel sperma dapat diproduksi oleh jantan Drosophila melanogaster?

Soal 5 :
Salah satu cara penanggulangan influenza adalah melalui vaksinasi, namun hampir setiap tahun harus dibuat jenis vaksin flu yang baru. Hal ini terutama disebabkan karena ....

Terima kasih. Semoga bisa memberi manfaat bagi anda.

Soal Olimpiade Biologi Nasional SMA 2011 Tipe 1 download
Soal Olimpiade Biologi Nasional SMA 2011 Tipe 2 download
Soal Olimpiade Biologi Nasional SMA 2011 Tipe 3 download



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories