Tuesday, August 18, 2009

Soal Olimpiade Sains Nasional SD IPA 2006

Teori 1 OSN SD IPA 2006

Salah satu ciri mahluk hidup adalah pertumbuhan. Pada tanaman, pertumbuhan yang terjadi adalah mengarah pada dua kutub yaitu, ke titik pusat bumi dan ke atas. Gambar di bawah menunjukkan pertumbuhan kecambah kacang tanah.

Arah pertumbuhan menuju pusat bumi ditunjukkan oleh pertumbuhan ... (1) sedang ke atas ditunjukkan oleh pertumbuhan .... (2)

Answer :

(1) Akar, (2) Batang

Menyalip kendaraan di sisi kiri adalah perbuatan yang sangat berbahaya. Perilaku yang berbahaya ini makin sering kita jumpai di jalan tol di mana satu mobil menyalip mobil di depannya melalui bahu kiri jalan. Dalam peristiwa ini seringkali mobil yang menyalip menabrak sebuah mobil yang sedang mogok di bahu kiri jalan tol. Coba kalian jelaskan mengapa tabrakan tersebut mudah terjadi. Jelaskan dengan gambar sederhana!

Answer :

Sopir yang berada di sisi kanan mobil (mobil C) akan kesulitan untuk melihat jauh ke sisi kiri depan (mobil A) karena terhalang oleh mobil yang berada di depannya (mobil B).

Tuliskan 3 kemungkinan yang terjadi bila kawat listrik dari kutub positif baterai dengan kawat listrik dari kutub negatif baterei yang sama bersentuhan!

Answer :

terjadi bunga api saat persentuhan
terjadi panas pada baterainya
jika persentuhannya cukup lama, maka baterai tidak dapat digunakan lagi

Satelit komunikasi seperti satelit Palapa menempati orbit geostationer yang ketinggiannya sekitar 36 000 km di atas permukaan bumi. Pada orbit geostasioner satelit tersebut seolah tidak bergerak (seperti menggantung) jika diamati di bumi. Berdasarkan sifat ini maka kita dapat mendefinisikan orbit geostasioner sebagai:

Answer :

orbit dengan periode revolusi sama dengan periode rotasi bumi

Ketika kalian memandang kaca spion pada mobil, kalian akan melihat bayangan benda di belakang mobil yang mempunyai sifat:

Answer :

maya dan lebih kecil dari bendanya

Sebagian besar permukaan bumi tertutup oleh air yang disebut hidrosfer. Persentase terbesar unsur dalam hidrosfer adalah:

Answer :

oksigen

Batubara adalah batuan organik yang telah terbentuk dari tanaman-tanaman mati yang tertimbun dalam rawa-rawa purba. Tingkat akhir bentuk batubara dikenal sebagai:

Answer :

antrasit

There are some processes that form a kind of rocks. Rocks formed by the cooling and hardening of magma or lava are called:

Answer :

igneous

Dalam revolusinya Bulan selalu menampakkan muka yang sama terhadap Bumi, berarti:

Answer :

Bulan berotasi pada sumbunya dengan perioda rotasi sama dengan perioda revolusinya

Cahaya terdiri atas spektrum yang memiliki panjang gelombang berbeda-beda. Karena adanya spektrum inilah maka dapat terbentuk pelangi. Urutan spektrum cahaya berikut ini mulai dari yang memiliki panjang gelombang besar adalah:

Answer :

merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu

Saat ini harga minyak bumi sangat tinggi. Karena itu penggunaan energi alternatif harus digalakkan. Sumber energi yang digolongkan sebagai sumber energi alternatif adalah:

Answer :

air dan matahari

Pada saat kita bernapas maka udara akan masuk ke dalam tubuh kita dengan jalur:

Answer :

hidung-trakea-larinks-bronkus-bronkiolus-pembuluh darah

Soal Teori 1 OSN SD IPA 2006 download



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories