Tuesday, August 18, 2009

Soal OSN Teori 2 IPA SD 2006

Soal Teori 2 Olimpiade Sains Nasional IPA SD 2006

Kalian diberi dua buah benda: A dan B. Dari percobaan pembiasan cahaya, kalian amati peristiwa seperti pada gambar. Jika kedua benda tersebut dirambatkan bunyi, di benda manakah bunyi merambat lebih cepat? Jelaskan!
Answer :

Bila cahaya merambat dari medium I yang kurang rapat ke medium II yang lebih rapat dari medium I, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Makin rapat medium II, makin dekat cahaya tersebut dengan garis normal. Karena itu, benda B lebih rapat dari benda A. Dengan demikian cepat rambat bunyi yang besar dimiliki oleh benda B.

Sebuah peralatan menggunakan sinar laser untuk mengamati pergerakan kerak bumi. Kedudukan pemancar dan penerima sinar serta pemantul sinar dipasang seperti pada gambar di bawah. Data yang diamati adalah beda waktu antara sinyal dari pe
mancar dan sinyal yang diterima penerima dalam selang tahun. Jelaskan bagaimana menghitung gerakan kerak tersebut.Answer :

Beda waktu digunakan untuk menghitung beda jarak, dengan bantuan Pythagoras sederhana.

Tiga ekor katak; satu ekor di darat (A), satu ekor di permukaan air (B), dan satu ekor berendam dalam air (C) seperti terlihat pada gambar. Katak di darat bersuara sehingga didengar oleh katak di permukaan air dan katak di dalam air.
Diberikan data kecepatan suara di udara 380 m/s dan di air 400 m/s. Berapa selisih waktu yang diperlukan suara katak di darat mencapai katak di permukaan air dan katak dalam air? (abaikan pembiasan gelombang suara)

Answer :

Dari A : ta = 3/380 = 0.007895 s
Dari B : tb = 1,5/380 + 1,5/400 = 0.007697 s
Selisih : 0.000197 s

Sebuah bandul terdiri dari beban bermassa m diikatkan pada sebuah tali yang
panjangnya L. Beban ditarik ke samping (posisi A) dan dilepas dari keadaan diam sehingga beban berayun.
  • Posisi mana yang memberikan energi potensial maksimum beban, tuliskan alasannya!
  • Posisi mana yang memberikan energi kinetik maksimum beban, tuliskan alasannya!
  • Bagaimana nilai energi mekanik (yaitu energi potensial + energi kinetik) di posisi A, B, dan C?
Answer :
  • Posisi dengan energi potensial maksimum adalah posisi A, karena posisi tertinggi ayunan sehingga Ep = m g h bernilai maksimum.
  • Posisi C dengan energi kinetik maksimum adalah posisi C karena laju gerak beban paling besar di posisi ini.
  • Energi mekanik pada posisi A, B, dan C adalah sama.
Hubungan kerjasama antara jantung dan paru-paru adalah ....

Answer :

paru-paru akan memisahkan oksigen dari udara untuk dioksidasi dengan darah yang akan ke jantung

Untuk menangkap siaran televisi dalam negeri, kita dapat cukup menggunakan antene biasa. Namun, untuk menangkap siaran televisi luar negeri (TV satelit) kita mesti menggunakan antene parabola. Antene parabola juga digunakan oleh penduduk di pemukiman-pemukiman terpencil walaupun hanya untuk menangkap siaran televisi dalam negeri. Pemilihan antene biasa atau antene parabola ditentukan oleh kuat atau lemahnya sinyal televisi yang sampai di daerah tersebut. Antene parabola dapat menangkap sinyal lemah yang tidak dapat ditangkap oleh antene biasa. Jelaskan mengapa demikian.

Answer :

karena antene parabola dapat mengumpulkan/memfokuskan sinyal lebih banyak
.

Tidak semua radiasi yang dipancarkan matahari bermanfaat bagi makhluk hidup di bumi. Sinar ultraviolet dan partikel-partikel bermuatan yang berkecepatan tinggi merupakan radiasi matahari yang dapat mengancam kehidupan di bumi. Atmosfer merupakan perisai bumi yang dapat menahan radiasi-radiasi tersebut agar tidak mencapai permukaan bumi tempat kehidupan berada. Salah satu lapisan terpenting di atmosfer adalah lapisan ozon. Saat ini manusia dikhawatirkan dengan terbentuknya lubang ozon yang sangat besar di sekitar kutub. Coba kalian terangkan apa ozon itu dan apa peranan ozon di atmosfer.

Answer :
ozon adalah molekul yang mengandung tiga atom oksigen; perannya adalah menyerap radiasi ultraviolet.

Salah satu fenomena yang kita amati akibat revolusi bumi mengelilingi matahari adalah munculnya rasi bintang yang berbeda-beda. Coba kalian jelaskan mengapa hal ini terjadi.

Answer :

karena pada malam hari kita melihat langit yang berada pada sisi bumi yang membelakangi matahari. Karena bumi mengelilingi matahari, bagian langit yang berada di sisi belakang bumi berubah-ubah.

Soal Teori 2 OSN IPA SD 2006 download



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories